Tips Agar Terhindar Dari Serangan Hacker

Pernahkah anda mendengar tentang akun facebook teman anda yang sering dibobol oleh orang lain dan akunnya digunakan untuk melakukan tindakan yang kurang mengenakan? Jika pernah, mungkin itu adalah perbuatan orang yang tidak suka terhadap teman anda, atau juga teman anda yang sering lalai dalam menggunakan akun facebook. Hacker memang selalu mengintai kita di dunia maya, oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan media internet untuk kehidupan anda.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita terhindar dari kejahatan para hacker? Berikut ini ada beberapa tips agar menyelamatkan kita dari serangan hacker yang selalu mengintai kita di dunia maya.

  • Gunakanlah private browsing pada saat kita ingin mengakses suatu situs yang mengharuskan kita untuk login. Biasanya ini digunakan pada computer yang sifatnya untuk umum seperti warnet, dan yang lainnya. Private browsing tidak akan mengingat histori atau riwayat dari penelusuran kita selama di internet. Untuk pengguna firefox, anda bisa menggunakan private browsing dengan menekan Ctrl + Shift + P.

  • Jika anda tidak sedang menggunakan computer pribadi, usahakan jangan mencentang remember password pada saat login di situs. Remember password biasanya akan menyimpan password kita pada browser sehingga akan sangat rawan untuk akun anda terserang para hacker.

  • Usahakan agar selalu logout pada saat anda ingin menutup sebuah situs atau ingin mengakhiri browsing anda. Ini digunakan agar meminimalisir akun anda disalahgunakan oleh orang lain.
  • Pada saat mengisi password, gunakanlah fitur virtual keyboard di computer yang anda gunakan. Ini perlu digunakan untuk meminimalisir pencurian password oleh aplikasi keylogger. Virtual keyboard ini sudah tersedia pada OS Windows XP ke atas.
  • Jangan mencentang checkbox Keep me logged in jika anda menggunakan computer orang lain. Ini berguna untuk melindungi akun anda agar tidak diapa-apakan oleh orang lain.

Nah, demikianlah tips untuk menjaga akun anda dari serangan hacker. Jika cara tersebut sudah anda lakukan, maka akun anda akan semakin aman dari serangan para hacker.

Semoga bermanfaat….!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s