Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang sering juga disingkat dengan istilah PPT ini tidak akan dilengkapi dengan gambar, serta merupakan bagian dari peralatan teknologi informasi dan komunikasi modern dan saat ini sedang banyak digunakan untuk mendukung komunikasi oleh masyarakat.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Agar langsung kepada topik inti dari tulisan ini, yaitu memperkenalkan berbagai jenis peralatan teknologi informasi dan komunikasi atau PPT, maka selengkapnya contoh peralatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut dapat Anda lihat dibawh ini:

A.       Peralatan Tekonologi Informasi

Peralatan teknologi informasi adalah alat-alat yang digunakan untuk mengolah serta menyajikan informasi. Adapun contoh peralatan yang berfungsi untuk mengolah informasi tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Personal Komputer (PC)

Komputer personal (PC) adalah peralatan utama dalam teknologi informasi. Alat ini berfungsi untuk mengubah data menjadi informasi yang diperlukan. Peralatan ini terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Komputer jenis ini sering dikenal juga dengan sebutan Komputer Desktop karena sering diletakan di atas meja.

2.      Laptop/Notebook

Laptop adalah bentuk lain dari komputer. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang yang dapat dipangku (Lap berarti pangkuan).

3.      Komputer Tablet (Tablet PC)

Komputer Tablet atau Tablet PC adalah komputer pribadi portabel yang dilengkapi dengan layar sentuh sebagai perangkat input utama dan dirancang untuk dioperasikan dan dimiliki oleh seorang individu.

B. Peralatan Teknologi Komunikasi

1. Telepon

Telepon berfungsi untuk mengirim dan menerima informasi yang berbentuk Suara. Seperti halnya telegraf, pesawat telepon terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima.

2. Radio

Pesawat radio merupakan pesawat penerima gelombang radio yang dipancarkan dari stasiun pemancar radio. Bila yang dipancarkan berita, maka yang akan didengar di radio juga berita. Informasi yang dipindahkan adalah Suara.

3. Televisi

Televisi adalah salah satu peralatan komunikasi penerima yang menerima sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi. Alat ini dapat menerima informasi berbentuk suara dan gambar (audio visual).

4.   Faximile

Faximile mempunyai kegunaan yang sama dengan telepon, yakni menerima dan mengirim informasi. Namun mesin faximile tidak mengirim suara, melainkan mengirim data dan informasi dalam bentuk teks atau gambar.

5.   Satelit

Satelit adalah alat komunikasi yang di letakan di luar angkasa. Satelit berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Tugas satelit adalah menerima sinyal dari sebuah tempat di bumi dan mengirimkannya ke bagian lain di bumi.

6.   Telepon selular (Handphone)

Satelit dan Ponsel (Handphone) adalah alat komunikasi yang tidak dikirim dengan kabel, tapi menggunakan sistem wireless atau tanpa kabel yang sering juga disebut dengan istilah nirkabel.

7.   Modem

Modem adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal analog dari dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Sinyal analog harus diubah menjadi sinyal digital, karena komputer hanya dapat membaca sinyal digital.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s