Pengertian Motherboard dan komponennya

Pengertian Motherboard

Motherboard bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Papan Induk dan biasanya juga disingkat dengan sebutan Mobo, yang berarti sebuah perangkat keras yang berbentuk seperti papan dan  telah ditambahkan program penggerak (chip bios) serta memiliki konektor sebagai penguhubung berbagai macam komponen elektronik sehingga dapat saling terhubung.   Sebagai contoh terdapat pada PC (Portable Computer) atau juga Macintosh.  Lihat contoh gambar motherboard berikut:

Motherboard merupakan salah satu komponen paling utama dari sebuah Komputer PC, karena Motherboard inilah yang menghubungkan semua komponen komputer sehingga secara keseluruhan dapat bekerja sama dan tentunya akan membuat komputer berjalan dengan lancar.

Komponen-Komponen Motherboard

  • Konektor Power (Power Connector)

Konektor power merupakan pin yang kegunannya untuk menghubungkan motherboard dengan power supply yang berada pada cassing komputer.

  • Socket atau Slot Prosesor

Slot Prosesor adalah tempat dimana diletakkannya Prosessor dan setelah prosessor terpasang akan ditambahkan kipas prossesor agar prosessor senantiasa dalam keadaan normal tidak terlalu panas.

  • North bridge controller

Northbridge dan Southbridge chip terdiri dari apa yang dikenal sebagai chipset pada komputer modern. Chipset bertanggung jawab untuk memfasilitasi komunikasi antar unit pemrosesan komputer (CPU) dan berbagai komponen pada motherboard, bertindak sebagai polisi lalu lintas dan pengendali. Karena Northbridge bekerja terus-menerus, hal itu dapat menjadi sangat panas dan dalam banyak kasus memiliki heatsink sendiri. Nama lain untuk Northbridge termasuk Memory Controller Hub (MCH) dan Integrated Memory Controller (IMC). (www.wisegeek.com)

  • Socket Memori

Tempat untuk mencolokkan RAM atau memori.

  • Konektor Floppy dan IDE

Sebuah konektor yang kegunaannya untuk menghubungkan motherboard ke hardisk dan juga floppy disk.  Kalau untuk komputer saat ini konektornya agak berbeda dengan konektor pada gambar diatas.

  • Standby Power LED

Lampu ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin. (wikipedia)

  • PCI slots

Kegunaanya PCL slot adalah untuk menambahkan perangkat tambahan ke motherboard biasanya digunakan untuk menambahkan VGA Card, Sound Card dan juga Modem.

  • PS/2 Mouse Port

Untuk mencolokkan Mouse type PS/2

  • Konektor keyboard

Untuk mengbungkan Keyboard type PS/2

  • USB

Untuk menghubungkan berbagai macam peralatan yang menggunaka USB seperti Flashdisk, Mouse dan Keyboard USB dan lainnya

  • Baterai CMOS

Kegunaanya baterai ini adalah sebagai tenaga cadangan ketika Motherboard tidak terhubung ke listrik.  sehingga semua data yang tersimpan didalamnya tidak terhapus atau terulang ke setelah awal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s