Cara Melepaskan dan Memasang RAM Laptop

Pada Laptop, hardware yang paling mudah diupgrade adalah RAM/memory. Sayangnya tidak semua pemilik laptop tahu atau berani melakukan penggantian memory laptop tersebut. Kebanyakan orang, untuk penggantian memory ini dilakukan di tempat service computer. Tentu saja akan menambah biaya. Nah, kalau anda tahu cara menggantinya sendiri, tentu saja dengan langkah yang benar. Tidak diperlukan lagi biaya dan menghabiskan waktu untuk ketoko service computer/laptop.

Memory atau RAM sangat menentukan kinerja laptop atau notebook yang anda miliki oleh karena itu jika masih memungkinkan dan memiliki dana sebaiknya anda melakukan upgrade memory laptop anda tersebut agar kinerjanya semakin meningkat. Dalam artikel ini saya mencoba untuk memberikan informasi tentang cara mengganti RAM laptop anda tersebut.

Tahukah anda bahwa tidak ada kesulitan untuk melapas RAM laptop dari dudukannya. Sedikit hampir sama dengan cara melepas RAM PC, yaitu dengan membuka kunci atau pengait dari kanan dan kiri RAM. Cuma perbedaannya RAM laptop posisinya tidak berdiri seperti RAM PC, tapi posisi tidur.

Ada beberapa jenis ram yaitu SOODIM, DDR 1, DDR 2 dan sekarang biasanya laptop atau notebook memakai DDR 3. RAM pada laptop acer, toshiba, HP, compact, axio, advan, zyrex, samsung, dan semua merek lainnya menggunakan memory yang sama dan beberapa diantaranya menunjukkan simbol di casing sebagai tanda tempat memory laptop tersebut.

Cara membuka RAM laptop :

  1. Bukakap casing penutup RAM
  2. Tekan pengunci RAM kekanan dan kekiri arah keluar Setelah kunci ditekan keluar, makaposisi RAM akan naik keatas dan miring.
  3. Tenarik RAM nya.

Cara memasangkembaliRAM :

1. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia dengan keadaan miring (posisi akan mengambil RAM)

2. Pastikan posisi RAM sudah pas dan mentok kedalam slot RAM

3. Sekarang tekan RAM kebawah (seperti posisi RAM yang terkunci sebelumnya) sampai berbunyi klik.

One response

  1. Kalo misalnya ram laptop saya ddr3 apa saya bisa memakai semua ram yang ddr3 ?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s