Lamanggau Sebagai Daerah Pariwisata Yang Strategis


308588_10150342388709169_912917541_nDesa Lamanggau adalah salah satu desa pariwisata yang berada di kawasan Kabupaten Wakatobi. Desa ini berkedudukan di pulau terpecil dan memiliki letak yang sangat strategis yaitu di Pulau Tolandono. Disamping letaknya yang strategis, kawasan pesisirnya juga memiliki pemandangan alam dan pemandangan bawah laut yang cukup menarik perhatian  para wisatawan dunia untuk mengunjunginya.

Hal itu terbukti dengan adanaya sebuah perusahaan asing yang beroperasi di bidang pariwisata di kawasan Desa Lamanggau yaitu PT.WAKATOBI DIVE RESORT. Dengan adanya perusahaan pariwisata ini, kini kawasan laut di Desa Lamanggau pun boleh dikata sudah menjadi pusat kunjungan wisata dunia di kawasan Indonesia Timur.

Semenjak perusahaan asing ini merambah kawasan pulau tolandono desa lamanggau, masyarakat desa lamanggaupun kini sudah hampir sepenuhnya mampu berinteraksi dengan turis bahkan sudah ada yang berumah tangga dengan turis wisatawan.

Disamping itu kehadiran perusaan asing tersebut juga mampu dengan perlahan merubah situasi desa lamanggau yang terisolasi akan perkembangan. belum lagi di diberikannya kebijakan oleh pihak perusahaan kepada masyarakat setempat untuk dipekerjakannya di perusahaan wisata itu.

selain itu, ada juga faktor keuntungan lain dari masyarakat setempat yang diberikan oleh pihak perusahaan yakni dengan adanya listrik secara cuma-cuma.

Posisi perusahaan asing di desa lamanggau tersebut mampu membawa nama wilayah administrasi dalam hai ini Kabupaten Wakatobi secara keseluruhan ke mata dunia dan diperkenalkan dengan kekayaan dan keindahan lautnya, walaupun itu bukan 100 % hasil dari pengaruh adanya perusahaan tersebut tapi setidaknya perusahaan wisata itu juga turut berpartisipasi didalamnya untuk membawa Wakatobi secara umumnya ke mata dunia.

Kedatangan para turis wisatawan dunia ke perusahaan pariwisata asing di desa lamanggau itu juga bisa jadi dikarenakan letak dari perusahaan wisata itu sendiri yang sangat strategis, kenapa tidak. posisinya berada di bagian pesisir pantai yang berpasir putih da berair jernih, belum lagi didukung dengan area perputaran arus air laut didepannya yang membuat air laut seolah-olah menambah keindahan permukaan air lautnya yang jernih.

Letak strategis perusahaan ini juga di dukung dengan berhadapan dengan sebuah pulau terpencil di bagian baraat pulau tolandono yang bila matahari terbenam, matahari itu turun tepat di ujung pulau terpencil itu sehingga para turis pun bisa menikmati sunset yang indah di perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s