Laut Sebagai Sumber Kahidupan Masyarakat Lamanggau


Desa Lamanggan adalah sebuah Desa yang terpencil yang berkedudukan di Pulau Tolandono. Desa ini terletak di Kabupaten Wakatobi khususnya di Kecamatan Tomia. Desa ini memiliki letak yang sangat stategis, di tambah lagi dengan di kelilingi oleh tiga pulau yakni Pulau Lentea yang berada di dibagian Selatan Pulau Toladono, Pulau Tomia di sebelah Utara Pulau Tolandono dan Pulau Sawah di sebelah Barat Pulau Tolandono.

Di Desa Lamanggau juga terdapat Masyarakat Bajo (Suku Bajo) yang berpemukiman di pesisir perairan Pulau Tolandono dan bergabung dengan pemukiman masyarakat setempat. Masyarakat Bajo yang berada di Pulau Tolandono telah menjadi bagian dari masyarakat Desa Lamanggau itu seniri bahkan masyarakat bajo pun kini kadang suda berumah tangga dengan masyarakat setempat di Desa Lamanggau.

Pulau Tolandono adalah pulau dataran rendah dan di penuhi dengan bebatuan yang sangat kurang mendukung kegiatan pertanian masyarakat setempat. Masyarakat sekita hanya dapat menanam ubi (singkong) dan jagung saja, namun terkadang juga kegiatan pertanian itu terancam oleh kondisi yang tidak memungkinkan sehingga sebagian besar masyarakat setempat meningkatkan kualitas dan taraf kehidupannya di sektor nelayan dengan memanfaatkan sember daya laut yang ada.

Kegiatan di sektor nelayan ini terjadi sejak lama bahkan kegiatan nelayan ini sudah menjadi kegiatan turun temurun yang meregenerasi pada masyarakat setempat.

Seiring dengan perkembangan jaman, kegiatan nelayan itu masih tetap ada karena sampai saat ini perkembangan global itu belum bisa merubah kondisi untuk menjadikan masyarakat setempat meninggalkan proses peningkatan taraf kehidupannya di sektor nelayan.

Berprofesi sebagai nelayan di Desa Lamanggau sudah sangat memberi harapan akan peningkatan hidup dan pemenuhan kabutuhan sehari-hari, sebab penghasilan dari kegiatan melaut sudah sangat cukup menunjang faktor perekonomian masyarakat setempat.

Dari hasil melaut, masyarakat setempat juga dapat menyekolahkan anak-anaknya guna menjadi orang-orang yang handal dalam bidang pendidikan. Karenanya, anak-anak di Desa Lamanggaupun kini sudah banyak yang berproses di dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s