Listrik Dipasok dari PT Wakatobi Resort Desa Lamanggau tak Terisolasi Lagi


Desa Lamanggau Kecamatan Tomia sebelumnya sangat terisolasi. Kini dengan masuknya PT Wakatoi Resort di One Mobaa, kebutuhan listrik dan infrastruktur terpenuhi. Hal ini diungkapkan Kades Lamanggau, Abukari.

“Masyarakat Desa Lamanggau mendapat supply tenaga listrik. Untuk tahap awal kepada 200 KK dimulai sejak 2003. Kini 250 KK sudah menikmati kemudahan itu,” ujarnya melalui press realis.

Lanjut dia, kebutuhan masyarakat akan listrik telah terpenuhi, anak-anak bisa belajar dengan mudah di malam hari, sekolah, mesjid, balai desa dst sudah mendapat penerangan. Dengan demikian, kata dia, kegiatan produktivitas usaha masyarakat bisa dilakukan hingga malam hari.

Informasi melalui TV pun bisa diakses di Lamanggau. Kini stigma Lamanggau sebagai desa terisolasi tidak ada lagi, karena kini sudah sejajar dengan desa/kelurahan lain di Kabupaten Wakatobi.

Aktivitas pariwisata di Onemobaa yang hanya beberapa meter dari Lamanggau, menambah wawasan dan penghasilan warga. Anak-anak bisa menambah pengetahuan berbahasa Inggris, kain/sarung tenunan masyarakat pun sangat diminati wisatawan (tamu PT Wakatobi Resort, red) untuk dibawa pulang ke negaranya.

Masyarakat Lamanggau bermatapencaharian sebagai nelayan. Sejak dua tahun terakhir, jumlah ikan di sekitar Pulau Tomia sangat melimpah, hasil tangkapan pun melimpah dan menambah pendapatan keluarga.

“Hal ini juga dikarenakan aktivitas perusahaan dalam melindungi terumbu karang dan mengamankan beberapa tempat pemijahan telur-telur ikan serta meningkatnya kesadaran masyarakat dalam melakukan penangkapan ikan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan,” bebernya.

Menurut La Abukari, keberadaan PT Wakatobi Resort di Onemobaa sangat membantu. “Kami harap bisa terus bekerjasama dengan PT Wakatobi Resort untuk melindungi karang dan dengan hal itu lebih banyak tamu bisa datang dan masyarakat Lammanggau bisa maju,” ujarnya.(yhd)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s