Kades Lamanggau Optimis Bangun Desanya


Kamis, 15 Oct 2009, | 175

TOMIA-Sejak terpilih sebagai salah satu desa pilot projek dari enam desa se-Kabupaten Wakatobi. Desa Lamanggau yang dipimpin Abukari, optimis pembangunan di desanya akan lebih baik.

Menurutnya, keluhan yang selama ini menjadi faktor penghambat pembangunan di desanya akan terkikis, setelah desanya dinobatkan sebagai salah satu pilot projet. “Mudah-mudahan bisa terpenuhi, terutama sarana air bersih yang sangat susah diperoleh. Dalam setiap Musrembang desa, ada lima agenda yang selalu kami usulkan, karena itu menjadi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Ada beberapa usulan, seperti pengadaan sarana air bersih, jalan usaha tani sepanjang tiga kilo meter, dimulai dari Desa Lamanggau ke lokasi perkebunan rakyat di puncak. Mengingat kondisi jalan yang masih memprihatinkan, maka pihaknya memprioritaskan pembangunan jalan.

“Karena selama ini jalan sangat susah dilewati, apalagi pakai gerobak dan motor darat. Kami juga mengusulkan pembuatan talud 700 meter, pengerukan laut agar kapal bisa masuk ke pelabuhan dekat pemukiman warga. Dan jembatan minta diperpanjang,” pinta Abukari.

Ia menambahkan, usulan tersebut disampaikan sejak enam tahun silam, namun hingga kini belum terealisasi. “Usulan kami mendapat tanggapan positif dari desa, bahkan mereka menginginkan agar secepatnya diselesaikan, seperti di Desa Waitii, Waitii Barat, Kollo Sooha dan Teemoane,” ketusnya.

Namun yang sangat mendesak, kata Abukari, yaitu sarana air bersih. “Kemarin tim JICA dan Pemda Wakatobi sudah melakukan survey kelayakan sebagian sumber mata air, khususnya Desa Lamanggau. Tapi kalau itu jadi, bisa sampai ke Desa Teemoane,” umbarnya.(m4/ish)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s